Rumah Ardany

Rumah Sharing Kreasi Ilmu Menjahit dan Kerajinan Tangan

Membuat baju muslim anak

Posted on | April 29, 2010 | 35 Comments

POLA DASAR KEMEJA ANAK LAKI-LAKI
Ukuran yang diperlukan
1. Lingkar badan
2. Panjang punggung
3. Lingkar leher
4. Lebar bahu
5. Lebar dada
6.lebar bahu

Contoh ukuran
1. Lingkar badan = 64 cm
2. Panjang punggung = 23 cm
3. Lebar punggung = 26 cm
4. Lingkar leher = 30 cm
5. Lebar bahu = 9 cm
6. Lebar dada = 25 cm
Dari ukuran yang sudah ada, yang harus dilakukan yaitu membuat pola depan dan pola belakang:

11 300x246 Membuat baju muslim anak

Pola depan
Buatlah garis siku A, B, C, D
A – B = ½ lingkar badan + 2 cm = (64 cm : 2 ) + 2 cm = 34cm
C – D = A – B = 34 cm
A – C = panjang punggung + 1 ½ cm = 23 cm + 1 ½ = 24 ½ cm
B – D = A-C = 24 ½
A – K = 1/6 lingkar leher + ½ cm = (30 cm:6 ) + ½ cm = 5 ½ cm
A – L = (A – K ) + 1 cm = 5 ½ cm + 1 cm = 6 ½ cm
K – L = kerung leher depan
A – I = ½ A-B = 32 cm :2 = 17 cm

C – R = A-I = 17 cm
I – J = turun 2 ½ cm
R – H = ½ R – J = (24 ½ cm – 2 ½ cm ) : 2 = 11 cm
Hubungkan titik K-J

K – P = lebar bahu = 9 cm
C – G = R – H = 11 cm
L – M = ½ L-G = 3 ½ cm
M – S = ½ lebar dada =25 cm : 2 = 12 ½ cm
Hubungkan titik P – S – H menjadi kerung lengan badan depan
C – C ’ = turun 1 cm
Hubungkan titik C’- R

Pola belakang
B – F = turun 1 ½ cm
B – O = A – K = 5 ½ cm
Hubungkan titik O – F menjadi kerung leher belakang
Tariklah garis :
O – Q = lebar bahu 9 cm
D – E =R – H = 11 cm
E – N = ½ E – F = 6 cm
N – T = ½ lebar punggung = 26 cm:2 = 13 cm
Hubungkan titik Q – T – H menjadi kerung lengan badan belakang
Ukuran di atas hanya sekedar contoh, jadi dapat di sesuaikan dengan besar kecilnya badan anak yang akan diukur. Setelah paham mengenai pola dasar di lanjutkan dengan perubahan bentuk pola
Pola dasar baju koko
Sebenarnya ini adalah pola dasar pembuatan kemeja tapi dapat digunakan untuk pola baju koko
Pola depan
Buatlah pola dasar badan depan untuk anak laki-laki

2 183x300 Membuat baju muslim anak

dengan perubahannya
P – S = naik ½ cm
A – S = ½ lebar punggung atas = 26 cm : 2 = 13 cm
A – M = panjang kemeja 35 cm

L – L’ = M – M’ = 1 ½ cm
H – H’ = 2 cm
R – R’ = 1 ½ cm
M’ – Z = G – H’ = 20 ½ cm
Titik Z naik 1 cm
K – K = S – S’ = turun 2 ½ cm
Hubungkan titik K’- L’ – M’- Z – R ’ – H’ – S’ – K ’ menjadi pola badan depan
Hubungkan titik K- K’ – S – S’ – K menjadi pola pas bahu yang dapt disatukan dengan pola belakang

3 181x300 Membuat baju muslim anak

Pola belakang
Dari pola dasar belakang untuk anak laki, perubahannya
Q – Q’ = naik ½ cm
F – Q’ = ½ lebar punggung = 26 cm : 2 = 13 cm
H – H ‘ = 2 cm
R – R’ = 1 ½ cm
F – N = turun 5 cm
F – N – T = sudut siku-siku
Hubungkan titik O – F – N – T – Q’ – O menjadi pola pas bahu belakang
Hubungkan titik N – X – Y- R – H – T – N menjadi pola belakang
Hal yang harus dilakukan selanjutnya yaitu cara membuat pola lengan baju

Pola lengan
Ukuran yang diperlukan:
1. Panjang lengan
2. Lingkar kerung lengan
3. Lingkar lengan

Contoh ukuran

1. panjang lengan : 15 cm

2. Lingkar kerung lengan : 28 cm
3. Lingkar lengan : 24 cm
Pola lengan

4 271x300 Membuat baju muslim anak
A – B = B – C = panjang lengan 15 cm
A – B = D – C = ½ lingkar kerung lengan =28 cm : 2 = 14 cm
B – E = ½ A – B = 14 cm : 2 = 7 cm
D – F = ½ lingkar lengan = 24 cm:2 = 12 cm
Kerung lengan depan :
A – G =E – H = ¼ A-E
Titik G ke kiri 1 cm dan titik H ke kanan 1 cm
Kerung lengan belakang
A – I = 1/3 A- E
Titik I ke kiri 1 ¼ cm
Titik J ke kanan ¼ cm
Pada bagian lengan pada contoh diatas adalah pola lengan pendek karena baju koko itu lengannya panjangnya maka tinggal di panjanganin aja lengannya

Pola kerah

Untuk membuat baju koko diperlukan sebuah kerah yang mirip dengan kerah baju sanghai
Ukuran yang di perlukan adalah lingkar leher
A-B = 3 cm
A-B lebar kerah = untuk anak –anak biasanya 2 cm
B-D= ½ lingkar leher = 30 : 2 = 15 cm
B-E = ½ B-D = 9 cm
C-G= kerung leher (K-G-D)
D-G= B-C= lebar kerah = 2 cm

5 300x135 Membuat baju muslim anak

Selesai nih buat baju ya, selanjutnya buat celana tentu nya

MEMBUAT CELANA PANJANG ANAK
Ukuran yang diperlukan
1. Panjang celana
2. Lingkar pinggang
3. Lingkar pisak
4. ½ lingkar paha
5. ½ lingkar lutut
6. ½ lingkar kaki
7. Panjang lutut

contoh ukuran
1. Panjang celana : 45 cm
2. Lingkar pinggang :52 cm
3. Lingkar pisak : 45 cm
4. ½ lingkar paha : 20 cm
5. ½ lingkar lutut : 16 cm
6. ½ lingkar kaki : 13 cm
7.panjang lutut : 30 cm

POLA DEPAN
1. Buatlah garis siku A,B,C,D, E
A – B = lebar ban pinggang 2 cm
A – C = 1/3 lingkar pisak + 4 cm = (48 cm : 3 ) + 4 cm = 20 cm
A – D = panjang lutut 30 cm
A – E = panjang celana 45 cm
2.Bagian paha
C – F = ½ lingkar paha – 2 cm = 20 – 2 = 18 cm
C – I = ½ C – F = 20 cm – : 2 = 10
C- G = ke kiri 3 cm
F – G = 20 cm – 3 cm = 17 cm
C – H = ½ C – G = 17 : 2 = 8 ½ cm
3.Bagian pinggang
B – J = C – H = 8 ½
B – V = C – I = 10 cm
K – L = ¼ lingkar pinggang = 52 : 4 = 13 cm
J – K = J – L = 13 cm : 2 = 6 ½ cm
K – K’ = L – L’ = lipit kerut 2 ½
Titik L’ tutun ½ cm
Hubungkan K’- L’ dan L’ – G
G – U = C – T = naik 6 cm

6 149x300 Membuat baju muslim anak

Biasanya kalau aku buat celana koko engga’ aku pakai lipit / kerut. Ban pinggangnya langsung pake karet jadi engga’ pake resliting lagi sbb yang aku sering buat itu untuk anak –anak di bawah umur 3 tahun jadi biar engga’ susah makenya dan buatnya lebih mudah langsung aja pake karet celana.
4. bagian kaki
E – N = C – I = 10 cm
O – P = ½ lingkar kaki – 1 cm = 13 cm – 1 cm = 12 cm
N – O = N – P = 12 cm: 2 = 6 cm
Hubungkan titk V – I – N melalui Q
5. bagian lutut
R – S = ½ lingkar lutut – 1 ½ cm = 16 – 1 ½ = 14 ½ cm
Q – R = Q – S = 14 ½ cm : 2 = 7 ¼
Hubungkan titk K’- T – C – R – O – P – S – F – U – L’ – K’ menjadi pola bagian depan
6. letak kantong sisi
K’ – n = turun 2 cm
N – m = lebar kantong 9 cm
Kalau tidak mau pake kantong sisi juga bisa.
7.letak kupnat
V – V’ = lebar kupnat 2 ½ cm
Panjang kupnat 1 ½ cm atau 2 cm

Pola belakang
Buatlah pola bagian depan terlebih dahulu, perubahannya
1. Bagian pinggang
L – X = 2 cm
Hubungkan titik G – X terus keatas
X – X’ = naik 2 cm
X’ – Y = ¼ lingkar pinggang + 1 cm ( 52 cm : 4 ) + 1 = 14
Y – Y’ = X’ – Z = tambahan untuk kerut 2 ½
Catt. Kalau tidak mau pake kerut tidak usah dibuat
2.Bagian paha
C – C’ = F– F’ = 2 cm
3. Bagian lutut
R – R’ = S – S’ = 1 ½ cm
Bagian kaki

O – O’ = P – P’ = 1 cm

7 165x300 Membuat baju muslim anak

Cara membuat peci koko
ukuran yang diperlukan
- Lingkar kepala
aneh..ya..tapi ukur-ukur aza deh…dari dahi kembali ke dahi
contoh ukuran
-Lingkar kepala : 50 cm
Pola peci
1. buat pola A yaitu berupa lingkaran lingkar kepala
peci+2 Membuat baju muslim anak

2. Buat pola B yaitu berupa persegi panjang
A – B = A’ – B’ panjang lingkar kepala 50 cm
A – C = C’ – A’lebar peci 6 cm
- – - – - – - – = garis tengah, dasarnya nanti di lipat dua
pola+peci Membuat baju muslim anak

Cara membuat

- Satukan A dengan A’, dan B dengan B ‘
dengan kata lain di lipat kemudian jahit pertemuannnya
- Satukan A dengan B sehingga menjadi lingkaran
- Jahit pola dengan Pola B
Selamat mencoba.

sumber : http://kreasiummizaky.blogspot.com

Incoming search terms:

  • pola baju
  • pola baju anak
  • pola kemeja pria
  • cara membuat pola baju
  • pola baju kemeja
  • membuat pola baju
  • pola pakaian
  • cara membuat pola pakaian
  • pola celana pendek
  • pola baju muslim

Comments

35 Responses to “Membuat baju muslim anak”

  1. yuli
    August 11th, 2010 @ 06:36

    mbak saya senang sekali bisa belajar jahit, tapi saya ingin membuat baju blouse buat wanita, mohon dibantu cara membuat polanya. terima kasih

  2. admin
    October 8th, 2010 @ 13:40

    boleh setelah ini akan saya bahas mengenai blouse wanita ya… berikut polanya dan hasil

  3. linda
    March 7th, 2011 @ 15:28

    mbak saya lagi belajar menjahit, bisa nggak ya diajari cara membuat baju koko dewasa, terimakasih.

  4. admin
    March 16th, 2011 @ 21:23

    bisa mba, sebenernya untuk pola bajunya sama dengan pola baju lelaki dewasa, cuman untuk kerahnya ada sendiri, lain waktu saya postingkan ya :)

  5. sumarni_nurul
    May 9th, 2011 @ 03:05

    senang sekali setelah membaca info-info yang ada. ak jdi banyak tahu, setelah membacanya

  6. Dian_monalita
    June 9th, 2011 @ 18:56

    thank’s bagi ilmunya ya…manfaat bgt.

  7. atik rohani
    June 15th, 2011 @ 04:50

    Mba saya sudah bisa menjahit tapi masih kurang rapih dan masih merasa kesulitan dalam membuat pola yang pas sesuai ukuran mohon bantuannya

  8. admin
    June 18th, 2011 @ 11:30

    untuk membuat pola yg pas tentunya diperoleh dari hasil ukur yang pas, ukuran blus biasa lengan bisa diturunkan 1 atau 2 cm, utk longgar bisa di turunkan 3cm. utk lebih spesifik mbahasnya bisa di utarakan mana yang harus saya bahas detail :). semoga bisa membantu ya

  9. admin
    June 18th, 2011 @ 11:30

    sama sama …. semoga bisa membantu juga :)

  10. Nisa
    June 19th, 2011 @ 03:30

    Mba itu ukuran badan anak usia berapa ya?saya mau bkin baju anak tp g tau ukurannya.susah jga kalo ngukur badan anak kecil.

  11. admin
    June 19th, 2011 @ 21:06

    kalo ini ukuran kisaran 1-3thn, cuman ukuran masing2 anak beda mbak, lebih tepat kalau mbak mengukur sendiri ….
    untuk anak kecil mudahnya mba ambil saja ukuran pas, tidak longgardan tidak ketat. setelah itu tambahkan bagian tepi dari ketiak hingga pinggang 2cm. karena anak cenderung memiliki perut yang lebih besar :).

    coba klik LINK ini untuk melihat ilustrasi gambar pola penambahannya

    tidak hanya pada pola depan, tetapi juga pola belakang.
    semoga bsa membantu mbak, kalau masih mengalami kesulitan dalam pengukuran bisa dibaca di posting MENGUKUR dan keterangannya.

  12. marlina
    July 2nd, 2011 @ 01:57

    mau tanya mbak, aku mau membuat baju muslim untuk anak laki 8 thn anaknya tinggi di butuhkan kain berapa meter ya? terimakasih……….

  13. marlina
    July 2nd, 2011 @ 02:19

    slm kenal, untuk membuat baju muslim anak umur 8 thn berapa meter kain yang dibutuhkan mbak? terimakasih

  14. admin
    July 8th, 2011 @ 22:24

    untuk baju muslim dengan modifikasi tentunya butuh lebih banyak kain. untuk 1 stel baju muslim bisa saya buat dari 2m kain :) dengan lebar 115 :)
    semoga bisa membantu mba :)

  15. marlina
    July 18th, 2011 @ 13:29

    terimakasih mbak…….. :D

  16. Ummi Sarah
    July 28th, 2011 @ 00:33

    Mbak, bisa bantu kasih ukuran2 baju standar nggak, yg standar untuk anak2, misalnya usia 10 tahun panjang kaki dan panjang lengan berapa. soalnya saya jualan onlen kadang pelanggan pesan pakaian anak berdasrkan usia, jd sering bingung, makasih mbak,,

  17. admin
    September 23rd, 2011 @ 02:04

    bisa …. saya buatkan tabelnya nya… insyaAllah saya akan berikan pada postingan selanjutnya :)

  18. zizah
    October 7th, 2011 @ 06:08

    kadang q susah ngubah pola dasar jadi pola bju yg mw kt buat

  19. admin
    October 7th, 2011 @ 17:02

    tidak ada yang sulit jika mau terus berlatih dan bereksperimen mbak :)
    sekedar tips saja… untuk modifikasinya dari pola dasar bisa menambahkan panjang baju, karena pola dasar hingga sampai pinggang. Menambahkan lebar baju, dengan memperbesar ukuran sisi kurang lebih 2- 2,5cm. Atau untuk baju longgar bisa d turunkan kerung lengannya kurang lebih 2 cm. Untukbaju muslim laki2 panjang bahu bisa d tambah, karena pada dasarnya baju anak laki-laki bahunya sedikit diperpanjang 2cm. Semoga bisa sedikit membantu

  20. zaenal
    October 8th, 2011 @ 13:40

    webnya bagus
    isinya bagus
    semuanya bagus deh…
    dua jempol pokoke

  21. admin
    October 9th, 2011 @ 13:31

    terimakasih pak….
    Alhamdulillah, semoga bisa bermanfaat bagi semua yang pengen belajar bersama rumahardany …
    saran dan kritik nya jangan lupa ya pak :)

  22. ina
    October 14th, 2011 @ 08:50

    trims … sangat bermanfaat untuk saya yang baru blajar menjahit … i like it a lot !!!

  23. admin
    October 16th, 2011 @ 01:02

    terimakasih kembali…. semoga bermanfaat ya…

  24. taufik
    November 10th, 2011 @ 02:10

    alangkah baiknya setiap langkah membuat pola dan menjahitnya diberi nomor urut dan gambar satu satu sehingga saya bisa membuat celana. tks semuanya

  25. admin
    November 11th, 2011 @ 04:36

    terimakasih atas saran dan masukannya… akan kami pertimbangkan untuk posting berikutnya …. :)

  26. siti
    December 9th, 2011 @ 15:19

    pengin usaha nich sist…

    bikin usaha tas handmade…

  27. admin
    December 11th, 2011 @ 09:53

    semangat sis, pasti bisa !!

  28. rita ganiarti
    June 12th, 2012 @ 12:58

    mbak makasih banget aatas informasi yang sangat berguna ini. saya senang sekali semoga mbak sukses selalu ya……

  29. heru
    June 14th, 2012 @ 10:10

    makasih banget buat pelajaran nya. padahal saya bingung banget soalnya ada pesanan baju buat anak tk.dan setelah blajar alhamdulilah.kapan2 boleh share yang lainya. makasih

  30. heru
    June 14th, 2012 @ 10:13

    oh iyah 1 lagi tolong post pola baju kaos anak2 dan dewasa.serta celana traning nya makasih.ditunggu

  31. fitri
    July 5th, 2012 @ 11:52

    Ass. Alhamdulillah banyak ilmu yg diperoleh dgn mengunjungi blog ini terutama menjahit kebetulan sy lg belajar menjahit walaupun otodidak dari browsing2 aja… Mbak sy mau tanya gimana caranya menjahit kerung lengan yg benar dan rapih… Ada trik yang bs dishare ? Sbb aq klo jahit baju sendiri paling sulit menjahit bgian kerung lengan… Tolong dijawab y mbak… Terima kasih

  32. citra
    July 26th, 2012 @ 05:36

    ass…..
    mbak terimah kasih banyak dengan ilmu yang sudah diberikan. semoga Allah membalas semua ilmu yang telah ditularkan pada kami dan senantiasa ditambahkan rizkinya

  33. admin
    August 28th, 2012 @ 04:29

    sama sama mbak… semoga bisa membantu…

  34. admin
    August 28th, 2012 @ 04:29

    sama sama semoga bisa membantu :)

  35. admin
    September 21st, 2012 @ 07:46

    wa alaikumsalam….
    terimakasih kembali semoga bermanfaat

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

  • About Me

    Namaku Siti Anis Khoiriyah, seorang ibu rumah tangga ibu dari 2 anak. Keseharian menjalankan rutinitas rumah tangga, sekaligus mengembangkan hobby menjahit serta ikut menjalankan bisnis sampingan luar biasa dbc'network.

    Ingin tau lebih banyak ttg bisnis sampinganku...
    Klik DISINI

    Alhamdulillah, rasa syukur teramat besar kepada Allah semua telah berjalan lancar...amin

  • My Facebook

  • Visitors Counter

    Pages

    Pages|Hits |Unique

    • Last 24 hours: 33
    • Last 7 days: 192
    • Last 30 days: 1,100
    • Online now: 0
    Traffic Counter