Rumah Ardany

Rumah Sharing Kreasi Ilmu Menjahit dan Kerajinan Tangan

Membuat Celana Sederhana ( piyama)

Posted on | October 17, 2009 | 25 Comments

Ukuran yang dibutuhkan : tinggi duduk, panjang celana dan lingkar pangkal paha.

Ukuran yang biasa saya pakai untuk anak saya (1 tahun)
tinggi duduk = 16
panjang celana = 40
Lingkar pangkal paha = 56

Cara membuat pola (sesuai gambar) :
- Buat Garis lurus vertikal dan horizontal
- ukur a-c = tinggi duduk + 3 = 16 + 3 = 19cm
- a-b = 1/4 x lingkar pangkal paha + 2 = (1/4 x 56) + 2 = 16cm
- didapat segi empat a-b-c-d
celana Membuat Celana Sederhana ( piyama)
Pola Muka (warna merah)
- a-f = panjang celana = 40cm
- perpanjang garis b-d kebawah hingga memotong vertikal garis bawah (garis patah2 merah)
- d-e = 1/4 x c-d = 1/4 x 16 = 4cm
- Dari titik b, kurangi 2 cm kedalam (kekiri) dan gambar garis lengkung
- selesaikan bentuk pola depan.

Pola Belakang (warna Biru)
- Gambar garis e-g, sepanjang d-e
- Hubungkan titik b-g, dan tambah 2 atau 2,5 keatas
- Buat garis lengkungnya antara b-g
- Buat garis pertolongan e-e’ dan g-g’
- Gambar bentuk seperti gambar pola warna biru

Untuk Memotong kainnya, letakkan pola diatas kain.
tentunya jangan lupa, untuk lipatan kain letakkan pada lipatan kain seperti yang tertulis pada pola.
- garis setiap sisi pola pada kain dengan jarak lebih 1,5 hingga 2cm, kecuali sisi atas lebihi 4-5 cm untuk tempat karet celana. (melebihi kain bagian atas sesuai dengan ukuran karet yang akan dipakai)
- gunting garis setiap sisi.
- Rader sisi belakang kain.
- Anda siap menjahitnya sesuai dengan rader yang melekat pada kain.
- Untuk hasil yang bagus, lebih baik obras terlebih dahulu setiap sisinya.

Untuk urutan jahitnya :
- Jahit sisi bawah depan dan belakang
- baru kemudian jahit kerung celana.
- Untuk piyama sederhana ini, bagian atas dilipat dan d beri karet

Ini contoh celana piyama sederhananya….
dr bahan katun sangat cocok buat anak 1 thn yang gerak aktif…

091017 141410 Membuat Celana Sederhana ( piyama)

Sayang, adek barra ga mau d foto berdiri,
ga ketahuan deh gimana performanya kalo dipake icon smile Membuat Celana Sederhana ( piyama)
 Membuat Celana Sederhana ( piyama)

Selamat menjahit dan selamat mencoba icon smile Membuat Celana Sederhana ( piyama)

Incoming search terms:

  • pola celana
  • pola celana panjang pria
  • membuat pola celana
  • cara membuat pola celana panjang
  • pola celana anak
  • pola piyama
  • cara membuat celana panjang
  • pola menjahit celana
  • gambar pola celana
  • pola jahit celana

Comments

25 Responses to “Membuat Celana Sederhana ( piyama)”

  1. kania
    January 21st, 2011 @ 04:02

    terima kasih untuk postingannya yang sangat membantu.
    Ijin share dan link

  2. admin
    January 22nd, 2011 @ 13:58

    terimakasih kembali sudah mampir… semoga bermanfaat ya…

  3. Herni puspita sari
    January 31st, 2011 @ 09:58

    Thank untuk infonya jadi bisa bikin celana untuk jagoan tersayang nih

  4. admin
    February 6th, 2011 @ 04:11

    sama sama … semoga bisa bermanfaat ya :)

  5. aqilah
    February 24th, 2011 @ 05:46

    makasi atas informasinya

  6. admin
    February 25th, 2011 @ 01:51

    sama sama semoga bisa membantu ya :)
    saran dan kritiknya saya tunggu

  7. blessingcornerjeans.com
    February 28th, 2011 @ 06:03

    info yang sangat bermanfaat dan sangat membantu. semoga sukses

  8. Gusti Indriati
    March 6th, 2011 @ 03:36

    TRIMS YA …DAN POLA BAJU PIYAMANYA DITUNGGU LOH

  9. rima
    March 26th, 2011 @ 11:46

    Wah kebeneran lagi mau nyoba kembali menjahit setelah entah brp thn vakum. Kmrn udah beli mesin tp blm divoba2 tuh.. I’ll try for my son first.. Makasih mba.. Mau nengok2 pola yg lain jg ah.. :)

  10. admin
    April 16th, 2011 @ 21:36

    monggo dilanjut mbak… semangat ya… semoga bisa membantu :)

  11. Emma
    July 18th, 2011 @ 01:25

    Gimana c cara membuat pola celana pria.,?! txs

  12. admin
    July 20th, 2011 @ 02:13

    sudah saya bahas sebelumnya, silahkan klik di SINI

  13. abdul
    July 31st, 2011 @ 03:59

    ter nyata gam pang yah cara buat nyaaa

  14. Nur Fajrina
    August 4th, 2011 @ 05:17

    Terima kasih ya, izin copy ya, semoga kebaikannya dibalas dengan pahala yang banyak oleh Allah Swt.

  15. Indri
    August 9th, 2011 @ 00:41

    Good artikel, mohon ijin share ya

  16. admin
    September 23rd, 2011 @ 02:00

    boleh saja… dengan mencantumkan sumbernya jangan lupa ya…. :)
    semoga bisa bermanfaat :)

  17. admin
    September 23rd, 2011 @ 02:02

    untuk copy artikel yang ada di web saya bisa dengan mencantumkan sumber webnya, jgn lupa ya….
    semoga bisa bermanfaat :)

  18. admin
    September 23rd, 2011 @ 02:04

    asal giat berlatih semua yang susah bisa jadi gampang :)

  19. Dina
    September 29th, 2011 @ 03:43

    klo pola buat celana pendek gimana ya? apa sam saja?

  20. admin
    September 29th, 2011 @ 07:39

    kalau celana pendek sederhana seperti pada piyama dengan karetelastik bisa spt diatas. tetapi untuk celana pendek dengan kupnat atau memakai resleting bisa memakai poal dasar celana anak. coba kesempatan mendatang akan saya postingkan :)

  21. meisy
    November 4th, 2011 @ 12:35

    jeung, makasih aku telah berhasil bikin satu celana keren untuk anakku. Tapi tetep nanya ya hehehe pola yang ada yaitu pola muka dan pola belakang kalo dijait kan jadinya kaki kanan dan kiri, kok jadinya nggak sama ukurannya ?? salah dimana kah aku ? yang aku bikin kemarin aku modif, aku pake aja pola muka semua jadinya simetris tuh hehehe. Mohon pelajaran lebih lanjut ya … thanx sebelumnya

  22. maya
    November 23rd, 2011 @ 23:59

    terima kasih banyaak, semoga berkah ilmunya…..

  23. admin
    November 27th, 2011 @ 06:39

    sama sama… amin

  24. ganika
    January 13th, 2012 @ 05:38

    makasih mbak … ijin share ya.. buat ketrampilan kawan- kawan buruh migran di Hong Kong

  25. Yulanda
    March 9th, 2012 @ 15:14

    Trims atas ilmunya.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

  • About Me

    Namaku Siti Anis Khoiriyah, seorang ibu rumah tangga ibu dari 2 anak. Keseharian menjalankan rutinitas rumah tangga, sekaligus mengembangkan hobby menjahit serta ikut menjalankan bisnis sampingan luar biasa dbc'network.

    Ingin tau lebih banyak ttg bisnis sampinganku...
    Klik DISINI

    Alhamdulillah, rasa syukur teramat besar kepada Allah semua telah berjalan lancar...amin

  • My Facebook

  • Visitors Counter

    Pages

    Pages|Hits |Unique

    • Last 24 hours: 30
    • Last 7 days: 195
    • Last 30 days: 1,103
    • Online now: 0
    Traffic Counter